SELAMAT DATANG DI DUNIA KANDIWA

Wednesday, April 3, 2013

Perangkat Keras dan Lunak Pada Multimedia

Perangkat Keras Multimedia
Perangkat keras multimedia merupakan alat pengolah suatu teks, audio, gambar, video atau animasi yang dapat berjalan secara otomatis dan elektronis. Unsur – unsur perangkat keras multimedia antara lain unit input, cpu, storage dan unit output.

Unit input :
Unit masukan  adalah  peranti  tempat  untuk memasukkan  data  dan  program  yang  akan  diproses  di dalam komputer multimedia.

Contoh yang termasuk unit input :

1.      Keyboard
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan ketik / keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.
Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

1.      Webcam
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.

Cara kerja webcam :
Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar; kabelsupport, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera. Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode penyiaran, metode yang paling umum adalah software merubah gambar ke dalam bentuk file JPEG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer Protocol (FTP).
Frame rate mengindikasikan jumlah gambar sebuah software dapat ambil dan transfer dalam satu detik. Untuk streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30 fps. Untuk mendapatkan frame rate yang tinggi, dibutuhkan koneksi internet yang tinggi kecepatannya. Sebuah web camera tidak harus selalu terhubung dengan komputer, ada web camera yang memiliki software webcam dan web server bulit-in, sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet. Web camera seperti ini dinamakan “network camera”. Kita juga bisa menghindari penggunaan kabel dengan menggunakan hubungan radio, koneksi Ethernet ataupun WiFi

1.      Scanner
Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
·         pemindai gambar
·         pemindai barcode
·         pemindai sinar-X
·         pemindai cek
·         pemindai logam
·         pemindai Optical Mark Reader (OMR)
·         pemindai 3 Dimensi

CPU
Unit Pengolah Pusat (UPP) (bahasa Inggris: CPU, singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepadaperangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak dan juga Merupakan pusat kendali sistem komputer

Komponen CPU :
·         Unit kontrol
·         Register
·         ALU
·         CPU Interconnections

Unit Output
1.      Printer
2.      Monitor
3.      Ploter

plotter adalah komputer pencetakan perangkat untuk mencetak grafis vektor . Di masa lalu, komplotan yang banyak digunakan dalam aplikasi seperti -dibantu desain komputer , meskipun mereka umumnya telah diganti dengan format konvensional printer lebar, dan sekarang biasa untuk merujuk ke printer format lebar seperti “komplotan,” meskipun mereka secara teknis tidak.

Perangkat Lunak Multimedia
Merupakan komponen-komponen yang terdapat di dalam data processing system berupa  program-program yang digunakan untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak multimedia dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Bahasa Pemrograman Multimedia
Merupakan media (bahasa-bahasa) yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :
- Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)
Dapat digunakan untuk membuat game (Nintendo Entertainment System / NES, SEGA, maupun Nemesis)
- Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++)
Contoh lainnya adalah : Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java, dll

2. Perangkat Lunak System Multimedia
Terdiri dari sistem operasi dan program utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah suatu system yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Beberapa system multimedia yang banyak digunakan, yaitu sebagai berikut :
- DOS (Disk Operating System)
- Windows 95 / 98 / 2000
- Windows NT / XP
- Linux

3. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image / gambar, audio grafik, video, dll. Dilihat dari fungsi perangkat lunak multimedia terdapat banyak sekali jenis dari aplikasi multimedia, untuk lebih jelasnya dapat dilihat seperti di bawah ini :

- Media Player
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk memutar informasi yang telah disimpan dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat dengan langsung untuk memutar file bentuk audio ataupun video tersebut. Beberapa jenis dari aplikasi media player ini antara lain :
a. Windows Media Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
b. Winamp, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Nullsoft Inc.
c. PowerDVD, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Cyberlink.
d. Musicmatch JukeBox, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Musicmatch Inc.
e. Real Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Real Network.

- Audio / Video Editor
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk mengedit ataupun memanipulasi informasi dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi-aplikasi jenis ini dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi seperti : proses pemotongan, penggabungan, konversi, maupun manipulasi kualitas. Beberapa jenis dari aplikasi audio / video editor ini antara lain :
a. Adobe Premiere, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Adobe Systems.
b. Windows Movie Maker, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
c. Pinnacle Studio, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Pinnacle Systems.

- Graphic / Image Viewer
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk melihat sebuah view dari gambar / image yang telah disimpan pada sebuah direktori. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membaca file gambar yang saat ini telah banyak terdukung seperti : bmp (windows bitmap), jpeg / jpg (Image Terkompresi), gif (CompServ), png (Portable Network Graphic), ico (Icons Image), dll. Beberapa jenis dari aplikasi image viewer ini antara lain :
a. ACDSee, aplikasi komersial yang diproduksi oleh ACD Systems.
b. Microsoft Picture Manager, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
c. Microsoft Picture and Fax Viewer, aplikasi komersial yang terdapat pada paket Microsoft Windows.

- Graphic / Image Editor
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menulis, menggambar, mengedit ataupun untuk memanipulasi gambar secara interaktif pada sistem komputer. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan fungsi editing mulai dari fungsi yang sederhana hingga kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu bitmap image dan vector image. Beberapa jenis dari aplikasi image editor ini antara lain :
a. Adobe Photoshop, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Adobe Systems.
b. Corel Draw, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Corel Corporation.
c. Paint, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Windows.
d. GIMP, aplikasi open source yang diproduksi oleh GNU General Public License.

- Animasi
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk membuat, mengedit ataupun untuk memanipulasi animasi secara interaktif pada sistem komputer. Animasi adalah gambar bergerak ataupun video dengan konten gambar yang fiktif seperti kartun dan gambar tidak rill. Beberapa jenis dari aplikasi animasi ini antara lain :
a. Macromedia Flash, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Macromedia Inc.
b. Houdini Animation Software, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Side Effect Software.
c. Power Animator, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Alias Systems Corporation.

- Graphic 3D
Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menmbuat, mengedit ataupun untuk memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3D. Gambar 3D merupakan representasi dari sebuah gambar di dalam geometri 3D (x, y, z). Beberapa jenis dari aplikasi graphic 3D ini antara lain :
a. 3D studio max, aplikasi komersial yang diproduksi oleh AutoDesk Media & Entertainment.
b. Maya, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
c. Blender, aplikasi open source yang diproduksi oleh GNU General Public License.


Daftar Pustaka :
Adieflink's Blog.2011.Perangkat Keras Multimedia.http://adieflink.wordpress.com/2011/02/23/perangkat-keras-multimedia/,03 April 2013
deadline-chacha's Blog.2011.Perangkat Lunak Multimedia.http://deadlinechacha.wordpress.com/2011/02/22/perangkat-lunak-multimedia/,03 April 2013

No comments: