SELAMAT DATANG DI DUNIA KANDIWA

Tuesday, April 19, 2011

Cara Membuat Jalur PCB


Banyak cara orang-orang membuat jalur di PCB ada yang menggunakan manual dan ada pula yang menggunakan aplikasi computer dan banyak pula cara mencetaknya ke PCB ada yang menggunakan sablonan, menggunakan kertas khusus dan masih banyak lagi cara-cara untuk membuat jalur PCB dan mencetaknya ke PCB.

Disini saya akan member info tentang membuat jalur di PCB yang biasa saya lakukan ketika mengerjakan tugas-tugas saya.

Alat dan bahan yang harus di siapkan, diantaranya :
1.      Papan PCB.
2.      Alkohol.
3.      Setrika.
4.      Komputer / leptop
5.      Feriklorida (padat)
6.      Air panas
7.      Tempat untuk feriklorida
8.      Amplas halus.
Kita akan memulai pembuatanya, yaitu :
1.      Saya biasa menggunakan software eagle 5.6 untuk membuat jalur PCB ( kalian dapat mencarinya di google). Namun jika kalian sudah membuat jalurnya namun menggunakan software lain bias aja karena yang kita butuhkan jalurnya walaupun beda software yang penting print outnya sama-sama jalur kan.
2.      Print out gambar jalur yang sudah kalian buat tali.
3.      Lalu print transparasi (yang biasa buat OHP) atau kalau tidak bisa transparasi ke photocopy-an minta photocopy transparasi.
4.      Lalu siapkan papan PCB dan panaskan setrikaan.
5.      Basahkan PCB dengan alkohol namun sedikit aja jangan banyak-banyak.
6.      Tempelkan transparasi print out jalur(yang bagian tinta transparasinya) di atas PCB yang sudah di berikan alkohol dan tindihkan dengan setrikaan panas tanpa alas(ada setrikaan yang di temple langsung ke transparasi tidak meleleh transparasinya dan ada yang bias membuat meleleh transparasinay jadi di atur dahulu panasnya).
7.      Gosok transparasi hingga tintanya menempel ke PCB. Jika ada garis yang kurang tebal atau hilang, tebalkan saja pakai spidol kecil yang MARKER.
8.      Jika semua garis atau jalus sudah selesai di tebalkan atau merasa cukup tebal maka waktunya melarutkan PCB di larutan feriklorida.
9.        Siapkan tempat untuk melarutkan feriklorida.
10.  Campurkan feriklorida dengan air panas.
11.  Masukan papan PCB yang sudah ada jalur.
12.  Dan di goyangkan tempatnya hingga terbentuk jalur PCB-nya.
13.  cuci PCB dengan air keran sambil di gosok-gosok dengan amplas hingga bersih dari tinta jalur.
14.  Dan keringkan

Selesailah PCP kalian yang sudah menjadi jalur-jalur yang kalian inginkan dan kalian bias melanjutkan kegiatan selanjutnya yang kalian dapat kerjakan seperti membuat lubang-lubang untuk komponen dengan mengebornya, memasang komponen-komponen dan  menyolder komponen-komponenya.

Selesailah cara untuk membuat jalur PCB yang saya gunakan selama ini, mudah-mudahan artikel ini dapa berguna untuk pembaca blog ini. Atas kunjunganya saya ucapkan terima kash banyak.  

1 comment:

Anonymous said...

trima kasih utk bloger dunia kandiwa sy sangat terbantu dgn share info ttg pcb.